Oleh: drummerfan | Januari 19, 2010

bagaimana cara menyelesaikan rubik (magic cube/magic box)

barangkali anda sudah seringkali melihat puzzle seperti gambar diatas. ya, namanya rubik yang kadang disebut orang magic cube, sesuai dengan nama penemunya yaitu Erno Rubik,  seorang pemahat asal Hungaria. penciptanya sendiri membutuhkan waktu sekitar 1 bulan untuk menyelesaikannya. bagi anda yang dapat menyelesaikannya, beruntung sekali anda :)

untuk menyelesaikannya sendiri sebenarnya ada berbagai macam trik, salah satu yang termudah adalah layer by layer, atau lantai demi lantai. jadi pertama kali kita menyelesaikan lantai pertama, yaitu 1 sisi warna terlebih dahulu yang telah benar posisinya seperti ini.

bukan seperti ini

kebanyakan orang yang ingin menyelesaikannya warna demi warna, itu SALAH BESAR. karena dengan demikian hampir mustahil untuk diselesaikan.

sebenarnya ada banyak beberapa metode untuk menyelesaikannya, salah satunya adalah beginner method (merupakan cara termudah). bagi yang ingin mendapatkan tutorialnya, dapat mendownlod disini yang saya ambil dari situs resmi rubik.com. dan untuk tutorial berbahasa Indonesia, silakan download disini. atau jika anda masih kesulitan dengan 2 tutorial sebelumnya, ini ada yang khusus untuk pemula (tanpa notasi) solusi_kubus_rubik_3x3

selain metode metode diatas ada juga metode CFOP/Fridrich method oleh Jessica Fridrich (metode yang paling banyak digunakan pemain rubik terkenal dunia), petrus method oleh Lars Petrus, Roux method oleh Giles Roux, Heise method oleh Ryan Heise, Commutator, dan banyak yang lainnya

Responses

  1. terimakash mas,tutorialnya lengkap. ada videonya nggak?

    • banyak kok di yotube, salah satu yg terkenal punya badmephisto a.k. pogobat. cari aja channel youtubenya :)

  2. terimakasih…akhirnya bisa betulin rubix adik aq
    btw, beda ya caranya antara yg pke b. ing ma indo?

  3. asiik neeh. Ak punya ribik dri dulu dianggurin. Cz bisa ngacaknya, tp ga bsa ngebenerinlagy. Hehe :)

  4. asiik neeh. Ak punya rubik dri dulu dianggurin. Cz bisa ngacaknya, tp ga bsa ngebenerinlagy. Hehe :)

  5. @esnanas
    emang beda metode. yg berbahasa Inggris itu orang2 sering menyebutnya metode macing ikan, karena di lantai terakhir dibuat bentuk seperti ikan. kalau yg berbahasa Indonesia, tanpa menggunakan mancing ikan. dan tutorial berbahasa Indonesia itulah saya bisa menyelesaikan rubik untuk pertama kalinya :D
    @auliasa
    sekarang udah bisa kan :)….

  6. blom dicoba tuuh. Caranya uda ktmu, skarang rubiknya yg ngilang. Ckckckck… :(

  7. haha….coba cari lagi deh, atau ga beli lagi :D

  8. haha okelaah. Nti dicari. Tp jgn sampei pz rubiknya ktmu, cara2nya keapus. Hahaha :D. Gag niat

  9. tenang Au, tulisan ini ga saya hapus kok…
    mari kita mencerdaskan bangsa dengan rubik (halah…)

  10. waw !! koq tau siih ak dipanggil Au ?? hehe.. jgn” knal lagy..
    Okelah kita tekankan WAJIB BELAJAR RUBIK 9 TAHUN !!! :D

  11. Wah aku mau coba tipsnya!
    Trims atas tipsnya!

    • kl0w bgtu aq mau cba tips ny,, do’a in m0ga q bsa mnylesaiknnya y,

  12. @Au
    kenal???ah. ngga kok. soalnya ada temen namanya Aulia, panggilannya Au juga, hehe…
    @Zulaela
    samisami :)

  13. Nanti saya coba deh, soalnya satu rubik milik adik saya belum pernah berhasil diselesaikan ha ha ha :lol:

  14. @mikha
    gimana? udah bisa kan? :)

  15. semenjak rusak rubik gw yg cebanan jadi lupa lagi cara2 nya.. padahal gw udah bisa dg limit time 6 menit hiks..hik.. hunting lagi rubik yg bagusan ah… tau tempat jualnya ga bro?

  16. mas,… ada yg buat squer one ga ?

  17. mantap gan.. ane masih belum mahir main game ini.. tengkyu..

    • semua juga gitu bro
      “dari cupu menjadi cuhu”
      itu pesan pertama saya dari Mom Maria Oey saat masih baru awal belajar speedcubing :)

      • mas minta tutorialnya….

  18. mas minta tutorialnya magic cube…??
    coz saya pemula…thanks

  19. kamu bisa donlod disini untuk bahas Indonesia http://files.tlpuzzle.webnode.com/200001275-ea19deb13b/SOLUSI%20KUBUS%20RUBIK%203X3%20STEP%20O-P-P-O-O.doc

    atau disini untuk bahasa Inggris

    http://www.youcandothecube.com/downloads/Solution_Guide.pdf

  20. thx bro,,,pengen buru2 nyoba tik tak puzzle nya.

    • sama sama bro…selamat mencoba :)

  21. Minta izin sedot tutorialnya….tantangan baru nih, blom pernah bisa selesaikan sebelumnya.

    • silakan bro…
      selamat mencoba :)

  22. Sudah sedot tutornya yg bhs Indo, tapi kok ga paham ya? Maksud huruf URUF apa ya? singkatan kah? Dasar terlalu bodoh :)

    • U=up=posisi atas
      F=front=posisi depan yg menghadap kita
      R=posisi kanan=Right
      L=left=posisi kiri
      D=down=posisi bawah
      B=back=possisi belakang yg tidak terlihat dengan kita
      kalo biasa tanpa tanda apostrof (‘) berarti diputar berdasar putaran jarum jam. kalo ada apostrofnya berarti kebalikan arah jarum jam

      untuk notasi lebih lengkapnya bisa dilihat yg tutorial bahasa inggrisnya. lihat notasinya aja, caranya mending pake yg berbahasa Indonesia

      regards

  23. salam kenal saya qq, tolong dong kasih tau cara nyelesain rubik yang 4 layer.
    ternyata lebih payah ya dari yang 3 layer?
    rumus nya aja.

  24. waw, ini yang beginner ya ?? salam kenal, saya mifzan

    @drummerfan : sub berapa nih ??
    saya sub 40, maklum masih kelas 6, tambah lagi baru 3 bulan belajar, hsssshhh, parah -,-“

    • wah keren tuh masih SD tp udah segitu. average saya masih sub 20, susah mo ningkatin, kurang latihan

    • asyik

  25. its good trik.. thks

  26. baru tadi pagi anaku maksa2 minta beli… eh ternyata mahal jga ya.. 35 rebong perasaan dulu harganya paling 5 rebong… tapi gapapa untuk mencerdaskan sikecil… aku jg pengin ikut belajar mas biarpun dah emak2..

    • hehehe…. untuk melatih daya ingat bagus jg permainan ini bu. selamat belajar menyelesaikan bu.. :)

  27. d skula sy lg ngetrend rubik nih.
    kmrn bru bli 35rb jugag.

    msih bs nylesaiin cm 1 layer.
    mksih tutorialnya.!
    sy akan brusaha!

    *welehweleh kyk apa aja,
    bikin cross yg bener aja blom bisa bisa kog..

  28. wah, sekolah dimana emang? kalo di kampus saya mulai booming taun kemarin :)
    selamat belajar menyelesaiakan…

  29. adduuuuhhh ,,,,

  30. aduhhhh gemana ne….nyelesain rubik yang lantai 3…..
    pusing q crax…..
    tolongin yea kk yg bsa…..
    rumusx yg mudah ajja ka……
    plisssss….
    ok.

  31. wah2..pas bgt ney da ni tutorial,,bwt otak-atik rubik w yg 2rebuan,biar macet2 yg ptg bsa muter dah,wkkkkk…
    makasi bwt tutorny Bang,,>=)

  32. aduh susah bangnget

  33. thnx bosss, setelah 30 tahun akhirnya selesai juga ne rubic…..solusi yang 4×4 ditulis juga dong….

  34. suwun gan………ane lg puyeng lum bs”.

  35. aduh…susah uga y…….karna uda d putel2…tambah susah…..

  36. duhh susah juga ya susun rubrik’a

  37. hore. saya bs mnylsaikn-y

  38. susah betul main rubk bkin kpala pusng aja……

  39. Ksh tau doNk rumus main magic box x

  40. Aduh…….puZink bget…..main magic b0x nya…….

  41. .^. Hore…. Skrg aQu dah tau cara main magic b0x nya……

    • wah, bagus… :)
      tinggal ngapalin aja rumusnya di jari biar bisa solving tanpa lihat rumus lagi

  42. cuma bisa 2-3 menit, ada yag tahu trik biar bisa lebih cepet ga? :D

  43. TRIMA KASIH TRIK NYA GAN

  44. gan bukan magic cube itu rubik biasa

    • iya kk master… ane masih newbie ini di dunia rubik

  45. permainan yang cukup sulit,butuh konsentrasi tinngi,menegangkan tapi tetap menyenangkan bermain rubik,melatih ketelitian mata,otak
    makasih

  46. game mmg ssh nk main^_^ %%%

  47. siapa yg pndai main mmg bjk

    • ele rmai dh brjy main game mcm n la aku tg kali katm game ni bkn katm al-quran

  48. My name is Haris my passwoprd is harisboys

  49. harisboys@yahoo.com

  50. saya tk dpt berkocak dengan rakan perempuan sy kerana asyik sibuk dengan berkocak dengan mak dia yg berusia 34 tubuh nya sangat cun dan payudaranya begitu indah dan sedap…

  51. stress gila! hingga hampir berbunuh bunuhan dlm rumah tu aku dah lama tunggu hasil keputusan puzzle sebanyak 5000 keping yg aku kerjakan(6day) muka abg aku habis berdarah hingga badan nya lembit macam tuala!! kerana dia dah rosakan hasil puzzle aku yg hampir siap, aku ni dah lah pemalas!


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

