Oleh: drummerfan | Desember 7, 2009

REVIEW DARI BERBAGAI TIPE RUBIK (CUBE)

mungkin banyak yang bertanya tentang tipe tipe rubik 3×3…mana yg paling enak…nih, gw punya review dari berbagai cube mulai dari tipe A sampe tipe F. atau bahkan cube dari C4U, Korean cube, sampe rubik’s ori

langsung ke TKP aja ya… review cube 3×3

nah lo, banyak amat kan jenisnya…sebenarnya untuk memilih tipe rubik yang paling pas yaitu dari kebiasaan usernya sendiri

untuk pemula, saya lebih menyarankan untuk memakai rubik’s ori dahulu, yang di Indonesia dapat dengan mudah dibeli di toys city ataupun gramedia seharga 130 rb  (hex packaging).  mau yang lebih murah? ada banyak juga yg jualan seharga 105 rb, tapi tanpa bungkus seperti hex packaging, cuma di bungkus shrink wrap. lagian apalah gunanya bungkus, kecuali bila anda kolektor rubik, hehehe….untuk Jakarta, anda dapat membelinya di Abel Brata (daerah binus),  Jo (taman anggrek), atau vertoys (tanjung duren). bagi yang bertempat tinggal di sekitar Jogja, dapat membeli di om virkil. dan bagi anda yg berada di daerah Surabaya dan sekitarnya, dapat membeli ke chilwin

Namun yang perlu diketahui adalah, pada awalnya rubik ori sangatlah seret dipakai. perlu lubrikasi (melumasi dengan pelumas berbahan dasar silicone)  atau bahkan breaking (teknik hardcore untuk memaksa agar rubik terasa lebih longgar)

kalo gw sendiri sih pada awalnya beli rubik’s ori, lalu berpindah ke DIY tipe D..tapi masih aja belum nemu settingan yg pas buat ngerubik. dan akhirnya gw kanibalin tuh rubik’s ori sama tipe D. jadi center piece n core gw pake tipe D, tp cubiesnya gw pake ori. Hasilnya manteb bener…tapi setelah beberapa bulan, gw berpindah ke tipe F.  dan ternyata sangat ajaib, hari kedua gw pake tipe F ini, gw langsung dapet average of 5 dibawah 18 detik (average gw waktu itu masih 21-22 an). seperti ini senjata andalan gw saat ini, tipe F merk Sheng En

selamat memilih🙂

dan ini adalah tambahan review dari Wicaksono Adi (pemilik rekor no 2 dunia multi blinfolded solving)


Responses

  1. beli rubik kyk di gambar di atas dimana ya kak?saya di banjar

  2. itu tipe F, saya belinya di chilwin, anak surabaya
    dari seller yg saya sebutin di atas, cuma dia yg nyupplai

  3. nice share…keep blogging

  4. bagusan mana tipe A,D ato f ya??

    • kalo saya sendiri menyarankan tipe F😀
      puterannya manteb abis, cutting cornernya juga bagus, ga gampang pop
      diantara tipe D, A, dan F yang saya miliki, peringkat tertinggi diduduki tipe F, dan yg terakhir tipe D
      yg tipe D sering macet dan pop soalnya

  5. ow…
    saya adanya tipe D…
    hmmm….
    tipe D enak juga sih..
    tapi emang dasar saya belum bisa cepet T_T

  6. beli diy type D dari om virkill😀
    katanya sih (denger dari pemain rubiks lainnya)emag di antara |DIY,type D yang paling caem

  7. ada temen beli dari om virkill juga sih, sih emang udah disettingin ama dia, jd enak dari pertama beli. DIY custom edition😀

  8. o ya….
    tau…
    virkill custom ya??
    itu diy buatan om virkill snediri tuh..😀
    BTW kalo mau beli cube DIY type F (II) dimana ya??
    di padang g ada yang jual…
    mohon bantannya

  9. bedanya apa nih tiap type?
    baru beli yang yongjun nih

  10. kalo Padang yg paling deket jualan F II ya dari Alvin bro, Jaktim

    @Yan
    dari segi konstruksi, presisi, bentuk, ketebalan, berat, cutting corner, tiap tipe rubik beda Yan

  11. jujur, masih bingung mau beli rubik yang bagus nih, antara Virkill Custom 3×3 atau Sheng En Type F *hmpf*

    sebelumnya ane cuma pake rubik yang entah tipe apa, tapi lumayan enak juga sie, harganya 35000. cuma sayang catnya mudah luntur (pake cat, bukan stiker)

    • sama-sama bagus sih bro…tp VC itu kan limited edition, jd kalo pengen beli cepetan aja. saya jg lg pengen make VC sebelum Indonesian Championship ini.
      tp yg perlu diingat adalah tiap cube pasti punya masa manfaat, jd nanti pasti ada waktunya kondisinya udah ga bagus lagi dan ga udah ga bisa disetting yg bagus

  12. gue pemula neh … mau nanya rekor dunia dunia dan indonesia berapa ya?

  13. Oh wonderful, outstanding article! Thanks for posting.

    I absolutely enjoyed this and will definitely relate it with
    my friends and relatives.


Tinggalkan Balasan

Kategori

