Oleh: drummerfan | Februari 8, 2010

KIAMAT DI INDONESIA MASIH MENUNGGU TAHUN 2033

jangan kaget setelah membaca judul diatas. itu hanya menggambarkan posisi jatuh tempo utang utang Indonesia, dan pada tahun itulah jatuh tempo utang yang dimiliki oleh Indonesia mencapai puncaknya, yang berarti pemerintah harus menyiapkan dana yang besar untuk melunasinya. pada tahun 2033, Surat Utang Negara yang jatuh tempo mencapai 129,34 trilliun Rupiah dan utang luar negeri sebesar 2,56 trilliun Rupiah.  ini bisa dilihat di grafik di bawah ini

biar lebih jelas gambarnya, klik saja gambarnya

bila dilihat dari grafik diatas, posisi utang jatuh tempo di beberapa tahun sebelumnya “sangatlah sedikit” jika dibanding tahun 2033. yang berarti pemerintah harus bisa “menabung” minimal sejak 10 tahun sebelumnya. diperkirakan juga akan terjadi inflasi yang tinggi di tahun 2033 tersebut, mengingat Surat Utang Negara (SUN) sebagian besar sumbernya dari dalam negeri. jadi bisa dibayangkan jika uang ratusan trilliun tersebut akan beredar di tahun tersebut.

saat ini saja total APBN Indonesia masih di posisi 1.000 trilliun, jadi utang jatuh tempo di tahun 2033 mencapai 13 persen dari APBN saat ini. tapi tenang,  tentu saja APBN untuk 23 tahun lagi pasti akan lebih besar dari tahun ini.

terus kiamatnya kapan dong kalo gitu??diundur lagi??hahaha


Responses

  1. kyanya indonesia g bakalan bisa maju2 ni….
    utang aj sampe tahun 2033…
    kapan majunya indonesia ini..

    • yah, karena dosa di masa lalu, anak dan cucunya yg menanggung🙂

  2. hallo erfan…..
    saya datang….

    ini kunjungan perdana…
    ke lamanmu sang mahasiswa STAN…
    sukses selalu untuk kuliahnya, walaupun tidak terlalu suka akuntansi, tetaplah berusaha mencintainya sobat, karena kau ada diranah akuntansi, hehhehe🙂

    untunglah, seperinya yang kamu bilang, saya jadi tenang deh

    tapi tenang, tentu saja APBN untuk 23 tahun lagi pasti akan lebih besar dari tahun ini.

    semoga Indonesia bisa segera melunasi utang-utangnya, tapi bukan melunasi utang dengan uang hasil ngutang juga, wah ntar kayak lagunya bung Roma, gali lobang tutup lobang, lupa lagi syairnya…..

    na’as sekali bayi-bayi yang lahir di Indonesia, katanya belum bisa makan saja sudah dibebani untuk bayar hutang…..hhahahhahaha…..

    jika melihat sisi negatif bangsa ini saya jadi teringat sebuah enigma atau fragmen yang dibuat oleh salah seorang teman saya bernama Aris Susanto,

    TIBA-TIBA aku ingin menyuguhkanmu kisah tentang seorang lelaki bermata sesayu bulan yang datang dari balik gugusan hujan, dengan segenggam petir di tangan kiri dan segulung badai di tangan kanan, yang kau pun hafal benar bahwa ia adalah lelaki yang dulu sempat membakar matahari dan mencoba membunuhi orang-orang di sekitarnya dengan senjata tua bernama cinta. Di penghujung kisah, lewat kroniknya, kau sadar semesta tak bisa diajari apapun, dan idealisme ternyata hanya bisa memancarkan sinar cahayanya di warung nasi ketika kau pekikkan keadilan dengan lantang di hadapan tetangga dan kawan-kawanmu yang ikut serta memesan makanan, sambil menyumpah-serapahi kebobrokan moral para bapak berdasi ber-krah putih yang menyebabkan kemiskinan di tanahmu tak kunjung enyah, pengangguran kian membengkak, pendidikan memedihkan mata, dan sengkarut persoalan bangsa yang membisingkan telinga. Lalu kau tahu, bahwa lewat sebentuk kisah tipis itulah, sebetulnya kami berharap bisa segera melupakan cerita tentang tanah air.

    udah dulu ya kawan….

    salam mesra penuh persahabatan….

    dari bogor…

    • keren juga karya teman anda itu.
      ya, saya juga setuju sekali kalo Indonesia jangan gali lobang tutup lobang seperti saat ini. menurut UU sih untuk utang harus mencari utang lunak, dimana tibgkat bunga rendah dan masa jatuh tempo lama. namun pada kenyataannya, hampir mustahil ditemukan kredit lunak seperti itu.

      salam kenal bro..

  3. Halo kawan salam kenal dan met berkreasi ya

  4. Apaun yang terjadi tetap bersemangat.

  5. Judul yang mengejutkan, salam kenal

    • hehe…
      salam kenal juga untuk Banjarmasin

  6. indonesia sih..udah lama kiamatnya..hehe😀
    salam kenal dari hary4n4 di surabaya..
    salam hangat dan damai selalu..

  7. salam kenal……
    2033 ????
    Wah, diliat APBN nya ternyata kita kaya ya ?
    Gak jadi gadai pulau buat bayar utang…🙂

    Selamat pagi, saatnya bobok . . .

  8. Kunjung balik sob… Salam kenal dari kalbar!! Maju terus…

    • terimakasih telah berkunjung balik🙂
      salam kenal juga dari anak Kediri, hehe

  9. klo dah kiamat utang pasti lunas😆

    • haha…pasti ga bakal mikir utang piutang lagi kalo kiamat

  10. wakwkakwa berdasarkan utang yaw kiamatna :-p

    berkunjung lagi dan ditunggu kunjungan baliknya lagi makasih😀

    • emang dikira apaan tadi?
      hahaha
      terimakasih telah berkunjung lagi, sering sering aja ya. tar saya bikinin minum, hehe
      oke boss….

  11. Pengalihan dari pinjaman luar negeri (IMF) ke dalam negeri (SUN), tujuannya apa ya?

    *sok tau*

    btw, salam kenal.😀

    • mungkin ingin gali lobang tutup lobang, hehe..
      lagian bunga IMF lebih tinggi dari SUN, dan dengan IMF memberi pinjaman kepada Indonesia, IMF bisa mengintrovensi atas kebijakan ekonomi di Indonesia

  12. hahaha lucu banget😆

    • cuma jebakan di judulnya sih
      terimakasih telah berkunjung lagi🙂

  13. Haha. Menurut sy Indonesia tak bakal kiamat. 2033 kan mau utang lagi?

    • sesuai dengan prinsip gali lobang tutup lobang😀

  14. knp kiamat harus ada coba kiamat bisa diundur ke jaman yang lampau yang sebelum ada mahluk hidup pasti tak ada penderitaan

    • hahahaha….gila lw..
      thanks bro udah berkunjung

  15. […] untuk menutup hutang. Dilihat dari APBN-nya saja tidak perlu mengkhawatirkan hutang-hutangnya. Jatuh temponya hutang juga nanti masih tahun 2033. Jadi secara ekonomi, tidak mungkin Indonesia sampai disebut bangkrut. Indonesia kaya […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: