Oleh: drummerfan | Februari 17, 2010

Semua Karena facebook

Berawal dari facebook baruku Kau datang dengan cara tiba-tiba Bekas kekasih yang lama hilang Satu dari kekasih yang terbaik

itu tadi adalah penggalan lagu dari GIGI-my facebook. memang saat ini facebook sedang rame ramenya diberitakan oleh media, mulai pernikahan yang diawali dari perkenalan facebook, pencabulan gadis di bawah umur, penjualan PSK via facebook, sampai penipuan penipuan dari facebook. berikut beberapa kasus tentang facebook.

pertama kasus yang paling menghebohkan adalah menghilangnya Marietta Nova Triani (Eta), seorang gadis 14 tahun, yang dibawa kabur oleh kekasihnya, Arie power, di Tangerang, Banten. mereka berkenalan juga melalui situs jejaring sosial facebook ini. saat Eta sedang pergi ke Tangerang bersama keluarganya di Tangerang, dia gunakan kesempatan ini untuk mendatangi kekasih “maya” nya. malam malam dia menemui Arie, tentu saja Arie menyuruh Eta untuk pulang. namun apa yang terjadi, Eta justru tidak mau pulang dan memaksa untuk ikut dengan Arie. dalam pelariannya itu, Arie mengaku pernah menggauli Eta selama 5 kali. dan akhirnya mereka tertangkap oleh polisi ketika sedang makan di daerah Tangerang juga. Arie didakwa pasal tentang pencabulan anak di bawah umur

dari kasus diatas saya dapat menyimpulkan kalau sebenarnya yang telah melakukan tindakan tolol adalah Eta. dialah yang memberi kesempatan, niat Arie baru muncul setelah kesempatan itu diberikan kepadanya

kasus lain adalah yang dilakukan Selly Yustiawati, dia telah melakukan penipuan semenjak tahun 2006 dengan menggunakan facebook. penipuan yang dilakukannya seperti menjual blackberry dengan harga miring dan menyuruh korbannya untuk mentransfer uang ke rekeningnya.

dan yang terakhir yang membuat saya miris adalah hilangnya seorang gadis di Purwakarta, Jabar. dan orang tuanya pun langsung menyalahkan facebook. “Dia itu suka internetan dan fesbukan tiap malam”. saya pun langsung tertawa mendengarnya, begitu mudahnya orang tuanya berkata demikian karena memang facebook sedang populer dibicarakan karena efek negatifnya.

sebenarnya tidak adil memang membicarakan facebook hanya dari sisi negatifnya saja. menurut saya sendiri, facebook memiliki banyak sekali manfaat seperti pemberitahuan event, online shop, sampai forum gratis. dalam 1 foto, saya ditag oleh teman SMA saya, dan di foto itu di tag pula puluhan teman saya yang lain. melalui foto inilah saya dan teman teman saya menggunakannya sebagai forum. karena dengan hanya mengirim coment saja, teman teman saya juga mendapat notifikasi, sampai sekarang tercatat lebih dari 7.000 coment lebih di foto tersebut. manfaat lain adalah berupa notes, kita bisa saling mengirim materi kuliah dari sana.

dan efek negatif dari facebook sendiri bagi saya adalah wasting time. bahkan pemerintah kota Depok melarang siswa sekolah untuk menggunakan facebook.  satpol PP dikerahkan untuk merazia warnet warnet di Depok. padahal telah kita ketahui kalau ponsel murah dengan koneksi WAP pun juga bisa digunakan untuk bermain facebook. satu lagi tindakan sia-sia dilakukan oleh pemerintah yang menganggap facebook hanya memberi dampak negatif.

bagaimana menurut anda?atau bahkan apakah anda pernah menjadi korban penipuan via facebook?🙂


Responses

  1. Saya tidak begitu khawatir, karena saya bukan pengguna facebook yang baik, kadang inget makai, kadang ngga…

    Sayang memang kalau orang tua yang kurang perhatian kemudian meyalahkan situs jejaring sosial…

    • iya, saya pikir juga orang tua harusnya berperan sebagai pembimbing anaknya, tidak hanya menyalahkan situs jejaring sosial

  2. saya sempat aktif di facebook… tapi setelah dirasa-rasa udah ngumpul semua temen2 SMP, SMA, juga temen fakultas: yang kalau tidak ada facebook kok sepertinya tidak memungkinkan bisa ketemu lagi… soalnya temen-temen udah nyebar kemana-mana semenjak dulu malah belum ada hape🙂 … (salah satu jasa facebook)

    tapi sekarang jarang buka facebook… sebulan aja belum tentu sekali buka facebook. ada kekhawatiran “salah omong”.

    mudah-mudahan koment di wordpress tidak ada yang salah omong ya….

    • saya juga kadang takut salah tulis di fecebook ataupun wordpress🙂

  3. Facebook ibarat pisau.

    Pisau bisa dipakai untuk memotong sayur, buah, dan daging (hal positif)

    Pisau juga bisa dipakai untuk membunuh orang (hal negatif).

    Saya sih lebih sering blogging daripada facebook. Haha..hidup blog!😛

    • ya, tergantung kita pegang pisau itu dimana. kalo kita pegang mata pisaunya, siap siap saja terluka🙂

  4. sama saja meyalahkan produsen motor yg membuat motor untuk tabrak lari oleh si pemakainya hhhmmm,…jadi geli kalau mau menyalahkan si pembuat motor itu

  5. media apapun, tergantung pada niat pribadi penggunanya…kalo berniat yang positif maka ia akan terarah kehal2 positif, tapi jika berniat negatif maka ia akan menuju apa yang ia inginkan….jika banyak yang ternyata terjebak di facebook…lagi2 kembalikan ke pengguna situs tersebut…kenapa juga tidak cerdas berfikir dan gampang terbujuk rayuan gombal…..btw…para orangtua kudu hati2 emang…pergaulan anak sekarang sering diluar kontrol…ya ilmunya juga didapat di media yang ada…

    • setuju!😀
      kita kembalikan pada usernya, kenapa gampang kena rayuan

  6. dan sampai sekarang saya masih blm punya acc FB😀

    • hahahaha…bikin aja makanya biar tau, hehe
      terimakasih telah berkunjung

  7. saya sudah lama pake facebook tapi kok ga ada yang mw bawa lari ya..
    hhahahahah

    • saya juga masih menunggu cewe cantik yg melarikan saya😀

  8. haha saya lagi puasa facebook sekarang, mending nulis diblog jadi saya bisa berekspresi memakai tulisan +ketaw2 sendiri kayak orang gila tanpa harus menjadi orang gila😄

    • saya juga lagi puasa inetan, ujian😀


Tinggalkan Balasan

Kategori

